Selasa, 05 April 2016

Resep Kue Putu Mayang Legit dan Lezat Menggunakan Kuah Gula Merah Mudah dan Murah

Resep Kue Putu Mayang Legit dan Lezat Menggunakan Kuah Gula Merah Mudah dan Murah - Kue ini sudah pasti banyak dikenal orang Indonesi sejak lama. Ketenarannya pun tidak kalah dengan kue-kue tradisional lainnya seperti kue klepon, kue lopis, dan yang lainnya. Kue ini adalah Kue putu Mayang atau juga bisa disebut kue putu mayam.

Resep Kue Putu Mayang Legit dan Lezat Menggunakan Kuah Gula Merah Mudah dan Murah


Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kue ini sudah sangat jarang dijumpai karena banyak variasi-variasi kue baru dari berbagai negeri termasuk Indonesia sendiri. Tetapi panggung resep tetap akan memberikan bagaimana cara membuat kue putu mayang ini, karena rasanya yang begitu legit dan cocok untuk menemani akhir pekan keluarga bunda, dipadu dengan kuah gula merah yang manis sangat cocok untuk kue putu mayang ini.

Silahkan diperhatikan ya bunda, resep kue putu mayang ini dan cara pembuatannya.

Kue Putu Mayang Legit 


Bahan :

  • 1/4 kilogram tepung beras
  • 200 gram tepung sagu
  • Garam secukupnya
  • 1 butir kelapa tua, parut dan ambil santannya


Bahan Kuah :

  • 1 liter santan kental
  • 50 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 150 gram gula merah
  • 4 lembar daun pandan, simpulkan


Cara membuat kue putu mayang legit :

  1. Siapkan wadah panci yang bersih kemudian masak tepung beras, santan beserta garam hingga matang. Angkat lalu dinginkan.
  2. Taburi adonan dengan tepung sagu sedikit demi sedikit lalu aduk-aduk sampai merata. Masukkan adonan kue putu mayang ke dalam cetakan kue.
  3. Siapkan dandang atau panci pengukus. Panaskan dan alasi tatakan pengukus dengan daun pisang supaya adonan tidak lengket karena langsung bersentuhan dengan panci.
  4. Kukus selama kurang lebih 10 hingga 15 menit sambil sesekali tutup panci dibuka. Setelah matang lalu angkat dan pisahkan.
  5. Saus: Siapkan wadah panci berbeda untuk membuat sausnya. Campurkan santan, gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan.
  6. Panaskan saus dengan api sedang sampai mendidih dan semua bahan saus tercampur merata. Aduk-aduk hingga matang dan agak mengental kemudian angkat.
  7. Sajikan putu mayang bersama dengan sausnya.


Begitulah cara pembuatan dan resep kue putu mayang yang legit dengan paduan kuah gula merah. semoga dapat bunda praktikan dirumah untuk santap santai di akhir pekan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar